DEFINISI DAN PENGERTIAN PUBLIK RELATIONS

Public Relation’s
pengalibahasaan dlm bahasa Indinesia menjadi “hubungan masyarakat)

W.Emerson Reck
“Pbulic relations adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijakan, penetuan pelayanan-pelayanan dan sikap yang disesuaikan dgn kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan atau goodwill dari mereka”

Howard Bonham
“adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik trhdp seseorang atau organisasi/badan”

Glenn and Denny Grisworld “ adalah suatu fungsi manajemen yg menilai sikap publik, menunjukkan kebijakan dan prosedur dari individu atau organisasi atas dasar kepentingan publik dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan dari publik”

Dr. Rex Harlow ….. 472 definisi humas dalam bukunya “ A Mdel for Public Relations Education for Professional Practics” IPRA 1978 “ PR adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dgn publiknya, menyangkut aktifitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama; mendukung manajemen dlm mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem peringatan dini dlm mengangntisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama

Definisi humas hasil pertemuan di Mexico City (1978) “the Statement of Mexico”
“Praktik Public Relations adalah seni dan ilmu pengetahuan sosial yang dipergunakan untuk menganalisis kecenderungan, memprediksi konsekuensi-konsekuensinya, menasehati para pimpinan organisasi, dan melaksanakan program yang terencana mengenai kegiatan-kegiatan yang melayani, baik utk kepentingan organisasi maupun kepentingan publik atau umum”

Persamaan unsur-unsur dalam beberapa definisi antara lain:
1. Fungsi manajemen
2. Suatu proses hubungan
3. Analisis evalusi
4. Konseling manajemen
5. Pelaksanaan program aktivitas (prencanaan, pengkomunikasian, dan evalusi)
6. Perencanaan dgn etiket baik (saling pengertian)



Konsep Ivy Lee
the pathe of public reltions
• Perkembangan abad 18 penemuan alat teknik mabu untuk menggantikan tenaga manusia.
• Perhatian pimpinan perusahaan terhadap kepentingan manusia/buruh terabaikan.
• Perusahaan hanya berpikir maslah laba dan kerugian dengan memproduksi barang sebanyak-banyak tanpa mempertimbangkan, publik hanya dipandang sebagai tempat pelemparan produk semata.
• Ketidak harmonisan hubungan majikan dengan buruh tidak memberikan keuntungan kelangungan hidup perusahaan

Abad XX
• Terjadi pemogokan kaum buruh tambang batu bara yang dapat mengancam kelumpuhan aktifitas industriawan akibat bahan bakar batu bara yang sangat vital.
• 1916 Ivy Lee menawarkan konsep untuk mengatasi kemelut yang terjadi pada perusahaan dengan syarat:
1. Agar diperkenankan duduk di top management
2. agar diberi wewenang utuk memberitakan kepada pers, semua sejauh fakta itu tidak merugikan perusahaan.
• Declaration of principle (dipublikasian oleh semua surat kabar di daerahnya) “Publik tidak dapat diabaikan dari managemen suatu perusahaan atau dianggap bodoh oleh surat kabar.


Apa yang baik bagi masyarakat dalamjangka panjang juga bagi dunia usaha”
• Presiden AS Lincolen berkata “Bersama pendapat masyarakat tidak ada akan gagal, dan tanpa itu tidak ada satupun yang sukses” dari rakyat untuk rakyat.

Edward L. Bernay (Public Relations (1952 Univ. of Oklahoma)
• Memberikan penerangan kpda masyarakat
• Melakukan persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyakat secara langsung
• Berupaya untuk mengintekgrasikan sikap dan perbuatan suatu badan/lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.

Tujuan Humas
Humas ---------Good wil -------- Tujuan
a. Internal publik relation ---- menciptakan kegairahan kerja dengan mencipatakan komunikasi yang harmonis:
a. Tertulis
b. Lisan
c. Conseling



b. External Publik relations
Meniciptakan hubungan atau komunikasi yang harminis dengan orang-orang di luar badan/organisasi:
1. Memperluas langganan
2. Memperkenalkan produksi
3. Mencari modal dan hubungan
4. Menjalin kom. Yang harmonis dgn serikat butuh, mecega pemogpkkan
Peranan publik relations dalam suatu organisasi/lembaga
• Penasehat ahli
• Fasilitator Komunikasi
• Fasilitator proses pemecahan masalah
• Teknik komunikasi
Tahapan-tahapan kegiatan humas sebagai manajemen:
1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian (oraganizing)
3. Pengkomunikasian (cmmunicating)
4. Pengawasan (controling)
5. Penilaian (evaluating)